Wednesday, October 22, 2008

Scientific Conference IV (part 1)

REBAKAN BANDAR KLANG LANGAT


Abstrak

Seiring dengan berjalannya waktu, penduduk Bandar semakin bertambah sehingga memerlukan penambahan sarana dan prasarana baru. Guna memenuhi prasarana tersebut maka diperlukan lahan baru untuk pembinaan. Pembinaan di satu sisi membawa kepada kemajuan tetapi disisi lain dapat memberikan impak negative terhadap pola ruang Bandar. Rebakan Bandar yang tidak terkendali dapat menyebabkan penyimpangan terhadap rancangan tata ruang. Bandar metropolitan Klang-Langat merupakan kawasan yang tumbuh pesat sehingga fenomena rebakan Bandar dapat dijumpai di wilayah tersebut.

Rumusan masalah penyelidikan adalah apakah rebakan bandar saat ini telah berjalan dengan pengawalan pengelolaan yang baik? Apakah rebakan bandar menyebabkan impak negatif ruang yang tidak terkendali terhadap rancangan tata ruang bandar? Rumusan permasalahan tersebut akan mencuba dicari pemecahan melalui tujuan penyelidikan. Tujuan penyelidikan untuk identifikasi distribusi rebakan bandar, identifikasi faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya rebakan bandar, polisi pengelolaan ruang bandar dan identifikasi impak rebakan bandar terhadap rancangan tata ruang.

Tujuan khusus adalah untuk mengembangkan diagnosis (dugaan) untuk menemukan kerangka kerja kira-kira terjadinya rebakan bandar, dasar indicator dan faktor-faktor penentu sukses rebakan bandar. Tujuan khusus ini diperolehi dengan cara melakukan review literature yang relevan, interview stake holder; review dokumen kerajaan negeri dan interview masyarakat.

Sukses factor penyelidikan diukur dari hasil wawancara tidak berstruktur dan explores perbandingan dari berbagai literature, laporan data kerajaan negeri dan hasil evaluation impak ruang. In-depth interview diberikan kepada kaki tangan kerajaan/ managers, pakar bandar dan masyarakat. Proses penyelidikan dilakukan dalam tiga level iaitu pada darjah negara, negeri, dan tempatan (bandar, mukim, kampung). Beberapa materi yang perlu ada dalam guide pertanyaan pada saat interview adalah identiti stake holder, identiti reviewer, character lokasi, izin, kebijakan/polisi alih fungsi lahan, permasalahan alih fungsi lahan, dan pemecahan permasalahan rebakan bandar. Pertanyaan dapat berkembang lebih luas sesuai jawapan yang diberikan pada saat wawancara. Wawancara dihentikan ketika indicator penyelidikan sudah terpenuhi.

Responden akan menjawab melalui general questions sebagai guideline. Selanjutnya dilakukan analisis kualitatif dan kuantitatif menggunakan Program statistik SPSS dan spread sheet MS-Excel mengikuti indicator, dsamping analisis ruang menggunakan GIS (geographical information systems). Analisis ini sebagai dasar untuk menyampaikan suatu temuan proses terjadinya rebakan bandar. Selain itu, analisis juga digunakan untuk menjawab pertanyaan tentang proses perancangan.

Kata Kunci: Rebakan Bandar, Perancangan
Diajukan ke panitia Scientific Conference IV
oleh
Mochamad Rosul, IC P42233
FSSK UKM
Phone 0146373502

No comments: